Tuesday, February 1, 2011

Majelis Ta’lim, Apa Kefadholannya ?

‘An Abi Huroiroh ‘ani Nabi SAW qola maj’tama’a qoumun fii buyutillahi ta’ala yatlunal kitaballoha wa yatadarosunahu bainahum il-la nazalat ‘alaihimu sakinatun wa ghosiyathumur rohmatu wa haf-fathumul malaikatu wa dhakarohumullohu fi man ‘indahu”

Dari Abi Huroiroh dari Nabi SAW bersabda : tidak berkumpul koum di dalam rumah Alloh Yang Maha Luhur ( Masjid) , mereka membaca kitabillah (al-Quran) dan saling belajar-mengajar di antara mereka, kecuali turun atas mereka ketenangan dan menaungi kepada mereka rohmat dan menjaga kepada mereka beberapa malaikat dan Alloh SWT mengumumkan tentang mereka kepada orang-orang di sisi Alloh (para malaikat).

Hadits Riwayat Abu Dawud Kitabus-sholah no.236

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh di atas bahwa dimanapun ada orang yang berkumpul dalam hal belajar membaca al-Quran serta mempelajari makna kandungannya maka Alloh SWT memberikan ketenangan dalam hatinya. Apa yang dirasakan oleh manusia dalam hatinya pada hakikatnya bukan merupakan hasil usaha manusia semata, namun Alloh lah yang memberikan rasa tenang, damai atau cemas kawatir , resah dll.

Majelis Ta’lim = tempat duduk (berkumpul) belajar ilmu agama adalah salah satu wahana edukasi bagi umat untuk mendekatkan diri kepada Ilahi, dengan mengutamakan pendalaman pemahaman kitab suci yang berisi firman Alloh SWT. Di sinilah kepahaman agama dibentuk. Dengan aktif datang ke majelis ta’lim dan menimba ilmu agama maka Alloh SWT ridho dengan memberikan ketenangan dalam hatinya, dapat mempunyai rasa syukur dan ini penting sekali untuk menjaga stabilitas keimanan.

Alloh SWT juga menyayangi orang-orang yang aktif mendalami firmannya yaitu tempat , rohmat / kasih sayang Alloh juga dituangkan kepada meraka, beberapa malaikatpun ikut menjaganya mengamankan situasi kegiatan berkangsung dengan hikam dan lancar.

Allah SWT Maha Mensyukuri dengan memberitahukan tentang siapa saja yang berkumpul mempelajari kalamulloh, kepada para malaikat yang berada di sisi Alloh. Itulah beberapa kefadholan (keutamaan) majelis ta’lim , semoga Alloh SWT memberikan barokah kepada aktivitas majelis ta’lim kita yang mengudara lewat http://artamita.blogspot.com/

No comments: