Wednesday, December 22, 2010

Barang Berharga yang DIGRATISKAN



Ni’mal atiyatu kalimatul haqi tasma’uha tsuma tahmiluha ila akhin laka muslim fa tu’al-limuha iyahu ”

” Sebaik-baik pemberian adalah kalimat hak (nilai kebenaran terkandung dlm al-Quran dan al-Hadits) yang engkau dengar, kemudian engkau bawa kalimat itu kepada saudara muslim maka engkau mengajarkan kalimat itu kepadanya “ Sabda Rosulullohi SAW . HR Tobroni dari Ibnuu Abas.

Hikmah : Pemberian berarti gratis, tidak ditarik imbalan/pembayaran. Pemberian berupa benda berharga misalnya perhiasan, uang, mobil, tahah atau berupa materi apapun yang sifatnya keduniaan maka suatu ketika akan habis dan hanya dapat dinikmati selama hidup di dunia.

Tetapi pemberian berupa ilmu pengetahuan yang hakiki bersumber kepada nilai kebenaran Quran Hadits adalah pemberian yang tidak ternilai harganya.

Di miliki sendiri tidak akan habis, bahkan kenikmatannya tidak hanya dirasakan selama di dunia tetapi hasilnya juga dirasakan sampai di alam akhirat , mulai kita berada di liang lahat, prosesi qiyamat sampai proses hisaban di akhirat.

Terlebih kalimat kebenaran yang kita “dengar” (kita baca di layar online ini) ini kita sudi untuk menyebarluaskan, maka akibatnya baik bagi kita yang menyebarluaskan, maupun mereka yang menerimanya.

No comments: